Permasalahan Maps di iOS 6

Sunday, December 23, 2012

Kritik yang paling banyak dan paling pedas yg diberikan oleh para pengguna Apple, datang dari aplikasi peta digital Apple Maps. Apple memutuskan untuk membuang Google Maps di iOS 6, dan membuat peta digital sendiri.

Apple Maps terbukti belum seakurat Google Maps. Data yang ditampilkan merupakan data lama sehingga banyak lokasi atau bangunan baru yang belum terdaftar dan ketika digunakan untuk memandu perjalanan, tak jarang Apple Maps memberi rute yang salah. Bahkan, perspektif 3D pada Apple Maps menampilkan wujud bangunan yang aneh. Ada bangunan yang tampak seperti runtuh atau meleleh. Tapi setelah para pengguna mengupdate iOS versi yg terbaru yaitu iOS 6.0.1 permasalahan itu sedikit terobati tapi tetep saja data" bangunannya seperti telat 2-3 tahun.

Mari kita buktikan

I. Screenshot pertama menggunakan Apple Maps yg berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Modern Cikokol - Tangerang (Perguruan Tinggi Raharja) pengambilan gambar dilakukan secara bersama" yaitu tanggal 23 December 2012 sekitar pukul 14.00 WIB

*klik aja untuk memperbesar

Screenshot selanjutnya menggunakan Google Maps yg berlokasi sama


Terlihat banyak sekali perbedaan yaitu :

1. Tepat didepan gedung STMIK Raharja adalah sebuah Mall yg sebenarnya sudah berdiri megah (TangCity Mall) tapi ketika dilihat dr Apple Maps gedung itu masih berbentuk tanah atau masih dalam pengerjaan proyekAduhh

2. Disamping gedung STMIK Raharja ada sebuah danau buatan, dan disamping danau itu ketika dilihat dr Apple Maps masih hijau dan asri, lalu semua berubah ketika negara api menyerang ehh salah smua berubah ketika dilihat dr Google Maps :D . Pepohonan yg hijau dan asri itu sudah ditebang dan hanya tersisa debu dan tanah, ehm pantes Tangerang makin lama makin puanass. Dan masih banyak lagi, silahkan dicari perbedaannya.

II. Screenshot kedua menggunakan Apple Maps yg berlokasi di Jalan Prambanan Raya - Tangerang (Terminal Cibodas Baru) ehm dibilang terminal juga, kayanya gk cocok soalnya disitu cuma ada Bus 104 jurusan Perumnas Tangerang - Grogol Jakarta dan waktu pengambilan gambar sama seperti screenshot diatas.


Screenshot selanjutnya menggunakan Google Maps yg berlokasi sama.


Disini Apple Maps terjadi masalah dalam menampilkan gambar, seperti yg dilihat ada warna abu" yg menemplok digambar, sedangkan di Google Maps gambar terlihat jelas dan tidak terjadi kerusakan.

III. Screenshot Ketiga berlokasi di sekitar Perumnas 2 dan 3 dan permasalahannya sama yaitu gambar yg diberikan Apple Maps tidak jelas dan berwarna abu".


Versi Google Maps


Ehmm sepertinya Tim Cook harus segera menyelesaikan masalah ini dan tidak heran ada seorang bule yg tersasar digurun Australia hanya karena menggunakan aplikasi maps bawaan Apple ini. Namun hal ini sudah tidak menjadi masalah karena Google Maps sudah dapat diunduh ke semua perangkat iOS 6, namun sekali lagi, pengguna Apple yg ada di Indonesia harus menelan pil pahit karena aplikasi itu belum tersedia di iTunes Store khusus Indonesia, salah satu cara supaya bisa mendownload aplikasi itu hanya dengan mengganti Apple id dan menyetelnya sebagai id orang US, ehmm sedikit merepotkan apalagi untuk membuat Apple id US sekarang sudah susah.

Santa Clause aja ampe kaya gini nih, gara" make Apple Maps :D

0 comments:

Post a Comment